Balada Flashcards

Flashcards bisa jadi teman belajar yang efektif dan menyenangkan buat anak. Tapi harga flashcards yang lumayan mihil kadang bikin mikir emak2 irit ini πŸ˜ƒ. Bagi yang punya printer memang bisa ngeprint sendiri flascards yang diinginkan. Kalo gak punya ya ngeprint di rental, tapi jasa ngeprint di sini juga mayan ngeruk dompet πŸ˜ƒ. Tapi namanya emak irit gak boleh putus asa ya, apalagi putus asi *eh? πŸ˜ƒ (bawaan sehari2 bau asi ya gini πŸ˜„).

Ayok kita akalin.

Di pasar (toko atk) biasanya kan jual poster belajar untuk anak ( mulai dari mengenal abjad, angka, hijaiyyah, buah2an, sayuran, kendaraan, rambu lalu lintas sampe rumah adat pun ada), per lembar poster biasanya dijual seharga 2 rebu perak πŸ˜‰, dan biasanya terdiri dari 20-30 gambar. Kalo kita gunting per gambarnya, artinya kita bisa dapet 30 pieces flashcards hanya dengan 2 rebu perak, kan? Sampe sini ngerti ya πŸ˜ƒ

Sebelum digunting bagusnya dilaminating ya, biar awet. Dan sebab jasa laminating di tempat photo copy itu juga enggak murah, kenapa gak pake alternatif laminating murah meriah saja? Selotip bening ya? Iya, kamu bener. πŸ˜ƒ

Oia, sebagai emak irit saya juga suka bikin flashcards sendiri jika memungkinkan, misal sewaktu ngajarin ds1 (dear son the 1st) tentang fonem dan gabung bunyi,

Besok kita gunting2 lagi ya, little F 😊

Salam emak IR(i)T πŸ˜„

Advertisements

Where have I been?

Assalamu’alaykum… where have you been? Eh, where have I been? Yes, it’s been a while from the last post, huh?! Hiatus lama banget di blog ini πŸ˜ƒ Aktivitas anak2 tetep direkam tapi di IG @ummal_ghifari. Here are few of them:

DIY Tea Bag Rocket

Jelang memasuki 1 Ramadhan, di mana-mana terdengar bunyi petasan. Alhamdulillah Ghozi gak pernah tertarik dengan petasan, juga dengan keseruan anak-anak tetangga yang memainkan petasan. Paling-paling Gege main kembang api biasa, itupun cuma beberapa tusuk (jangan dibayangkan tusuk sate ya, ingat kita lagi puasa, hehe).

Alih-alih tertarik dengan si mercon, Gege malah sangat tertarik kalo lihat kantung teh celup.

Teh celup? Mau nge-teh kah? Enggak. Gege selalu minta eksperimen rocket tea bag – cara kerjanya mirip balon udara. Yang dibutuhkan tea bagΒ dan korek aja, plus gunting jikaΒ diperlukan untuk merapikan kantung tehnya. Tutorialnya silakan cari sendiri sudah banyak bertebaranΒ di internet. πŸ™‚

13400939_10206857166084008_862710770_n

Ramadhan kareem, everyone!

Jangan lupa mampir ke Fanpage RTG yak! πŸ™‚ Ada beberapa new updates!

Ramadhan Crafts for Children

Aina Allah?

Maze for Muslim Children

Ramadhan Activity Book

Enjoy Ramadhan! πŸ™‚

 

DIY Monster Truck

Ada kardus malang di kotak sampah
Tak bertuan tak terjamah
Menunggu anak pulang ke rumah
Agar sang kardus jadi lebih mewah

πŸ˜ƒ
Asli, saya gak bisa berpantun aslinya, just leave it, everybody πŸ˜›

Yuk, bikin mobil-mobilan dari kardus yang tak lagi bertuan, kardus malang 😜

image

Been his favorite DIY car of the day, yeay!

Then we decided to turn it into ‘monster truck’ this way

image

image

image

Maenan ini didesain khusus untuk indoor πŸ˜€ bisa guling-guling kalo diseret di luar jalan batu sana πŸ˜€

DIY Photo Puzzle

Permainan ini dapat melatih anak mengembangkan kemampuan silogisme. Selain itu anak juga bisa berkenalan dengan angka dan huruf lo, karena pada tiap potongan puzzle dituliskan angka dan huruf yang jika puzzle telah benar tersusun maka terbentuk juga urutan angka dan abjad yang benar.

Ayo, coba kita kumpulkan foto anggota keluarga. Potong-potong menjadi beberapa bagian. Biarkan si kecil mengotak-atik puzzlenya. Biasanya anak-anak akan terlihat antusias saat mereka hampir menyelesaikan puzzle tersebut. Gege sendiri sontak antusias dan teriak, ”Ini Nenek; Ini Abo; ini Ummi, Abi, Adek, etc ” saat tangan kecilnya menyelesaikan potongan puzzle terahir πŸ™‚ Lumayan juga kan buat checklist silabus home preschool kita, tentang mengenal anggota keluarga, yg bisa kita integrasikan dengan permainan edukatif ini, alhamdulillaah.

image

image