Little Scientists in English Class

This slideshow requires JavaScript.

Kelas Young Learners (9-11 tahun)

Yang pernah atau sedang mengajar anak-anak usia SD, pasti mengerti ‘tantangan’ yang dihadapi. Salah satunya, mereka cepat sekali merasa bosan. Maka dalam sekali tatap muka, bisa ada beberapa variasi kegiatan. Dan untuk semua itu, sang guru banyak menghabiskan waktu untuk mempersiapkan aktivitas. Apalagi untuk pelajaran yang di sekolah pun tidak mereka dapatkan, jadi guru les harus puter otak, hehe.

Suatu ketika Cikgu bertanya tentang pelajaran favorit mereka. ”Do you like Science subject?” Hampir semuanya menggeleng, bahkan ada yang bilang, ‘it sucks’. ”Mau gak belajar Science yang asyik? Sambil eksperimen, sambil belajar kosakata B.Ing nya. Ahirnya kami sepakat untuk melakukan science eksperimen di ahir sesi kelas Sabtu. Sedangkan untuk kelas Selasa, akan ada drama class. Intinya variasi. Juga routine.

Sabtu lalu mereka belajar tentang cara kerja Volcano. Indikator belajarnya mereka bisa menyebutkan bahan dan alat yang diperlukan dalam Bahasa Inggris. Memahami ‘instructions’ pada lembar kerja. Dan yang paling penting, faham bagaimana reaksi yang ditimbulkan jika beberapa bahan dicampur. Acid, base, foam, carbondioxide, etc…

🙂

 

Sementara itu…

penampakan bocah2 kecil yang ikutan eksperimen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s