image

Tahu dan Tempe Kremes Kriukzzz

Resep mb Diah Didi 🙂
Ahir-ahir ini saya sering masak kremes, tempe, tahu, ayam….semuanya dikremes 🙂 Gege suka bnget ama kremesnya, zauji doyan banget, alhamdulillaah 😀

Nih, bocoran resep kremesnya:
-Air kaldu 250 ml
-Tepung beras 1 sdm
-Tepung tapioka/kanji/aci 3 sdm
-Kuning telur 1 butir (opt.)

Campur semua bahan di atas (teksturnya akan sangat encer) dan goreng dalam minyak dengan panas sedang. Tunggu dan nikmati prosesnya 😀 Pertama akan kedengeran bunyi letupan2 bahan yang masuk tadi, karena encer dan ringan, makanya bunyinya berisik 🙂 Tunggu, sampai kremesan benar2 bersarang, balik, angkat jika sudah kering.

Agar kremesnya menyelimuti tempe/tahunya, caranya sbb: terlebih dahulu rendam tempe/tahu ke dalam air rendaman bumbu. Baru masukkan tempe/tahu ke dalam adonan kremesnya. Pertama, masukkan adonan kremes (1-2 sdm) ke dalam minyak dengan panaa sedang. Ingat ya, jangan terlalu panas (nanti cepat gosong) dn jangan kurang panas (nanti lembek). Tunggu hingga bersarang dan setengah matang. Lalu maaukkan tempe/tahunya di atas adonan yang sudah bersarang, bungkus/selimuti. Lalu goreng hingga kering.

Alhamdulillaah dari percobaan pertama langsung berhasil, hasilnya juga sesuai harapan 😀 kriukZ!

Yuk, dicoba!

Bananas

Suatu pagi, seperti biasa kami sedang nonton acara tv fav., #Ranking1 Neneknya Gege (Ibu mertua) selalu yang paling semangat dan gak mau ketinggalan nontonnya (kadang sampai rebutan remot dengan Gege yang pingin nonton kartun).

Salut juga ama Nenek Al Ghifari, (sebutan Gege buat nenek), 😀 yang masih mau belajar, terbukti seringkali pertanyaan demi pertanyaan dibabat habis, hehe. Pengetahuan Bahasa Inggris-nya pun sudah lumayan. Pas si Bensu (host) membacakan pertanyaan pada babak ujian ahir yang bunyinya, “Apakah Bahasa Inggris dari Nanas!” Dengan semangat ’45 nenek secepat kilat menjawab ,”BANANAS!”

xixixixi

Hide and Seek and Salam

Gege punya kebiasaan memberikan ‘surprise’ khususnya untuk family member 🙂 Gege suka main ‘hide and seek’ alias petak umpet yang kadangkala bikin saya cemas. Soalnya, seringkali saya sulit menemukan keberadaannya 😀 Jago banget kalo ngumpet, tak menimbulkan suara atau gerakan mencurigakan 😀 Nanti kalau saya sudah hampir pasrah, barulah dy nongol dengan penuh kemenangan sambil ngagetin siapapun pencarinya, “Baaa!!!” katanya. Kalau sudah begitu, tinggal diuyel2 aja tuh rambut plus pencet idung karena gemes.

Bukan apa-apa, saya khawatir saja jika anak ini sedang ngumpet, saya kira dia main ke luar tanpa pamit, atau kenapa-napa.

Sekarang kami tak perlu risau lagi, ada trik khusus agar dengan mudah kita menemukan persembunyiannya, 😀 Kalau lagi ngumpet, meski kita panggil nama Gege seratus kali pun, dy akan kekeuh tak mau menjawab, mute 🙂 Nah, beda jika kita bilang, “Assalamu’alaykum…” Pasti langsung ada sahutan misterius, “Calaaam” dengan bahasa cedal-nya, maksudnya “Wa’alaykumsalaam”. Hup, cus melesat, ketemuuuu!!!! I found you, Geee! 🙂 Dan Gege pun tertawa riang 🙂

Ya, sebab menjawab salam wajib hukumnya ya Ge 🙂