Newborn!

Alhamdulillaah, another muslim child is born!

This perfect little bundle, from his head down to his feet, is a new joy to hold in our arms. May Allaah showers him with abundance blessings in this dunya and akherah, aamiin.

World, meet my new joy!

16 Juni 2015, pukul 12.28 wib
BB: 2.8 kg, panjang 49 cm |Homebirth

Advertisements

”Silences make the real conversation between friends. Not the saying, but the never needing to say is what counts.”

-Margaret Lee Runbeck, Answer Without Ceasing

image

image

Btw, sambil posting ini, sambil meringis nahan kontraksi πŸ™‚
Ya Allaah, make it easy….

Good Deeds Tree

Untuk aktivitas harian, khususnya di bulan Ramadhan.
Beberapa hari yg lalu Gege bikin yang namanya, ‘Good Deeds Tree’ atau ‘Pohon Kebaikan’. Pohonnya gundul :D, nanti semakin banyak kebaikan yang dilakukan, makin lama makin rindang kok! Yuk, apresiasi tiap kebaikan yang dilakukan si kecil! Fastabiqul khairat, Ge!!!

Bikin pohonnya bosa dari kertas tebal, kardus, atau apa saja. Kebetulan di rumah ada sisa sterofoam, jadilah πŸ™‚

image

Gege paling excited saat dimintai tolong untuk mengecat pohonnya.

image

Ini hasil jadinya setelah kering.

image

Tempel di dinding.

image

image

Siapkan dedaunan kertasnya. Nantinya tuliskan aktivitas kebaikan yang dilakukan anak, ajak ia menempelnya pada pohon. πŸ™‚

image

image

So much fun! πŸ™‚

Ramadhan Pop Up Cards

Yang pertama kita bikin pop up baloon.

image

image

image

Bikinnya bisa pake kertas apa saja yg penting tebal. Buat dan gunting balon2 dari kertas (bagusnya dari kertas warna warni). Yang kita bikin dari kertas sisa bikin flyer. Selanjutnya beri tangkai balonnya dari plastik atau mika, plastik yang buat jilid itu juga bisa. Ni ceritanyq asal nemu aja, plaatik botol mineral yang dipotong-potong, hehe.

image

Tulis dan gambar! πŸ™‚

image

image

Gege sekalian bikin ucapan selamat datang untuk calon adebay πŸ™‚ bunyinya, ”Assalamu’alaykum my baby sibling!” πŸ™‚

Pop up card baloon ini mayan keren, ditambah bunyi srek srek srwk dari plastik mika yang bergesekan ama kertas πŸ™‚

Yang kedua kita bikin Pop Up Masjid!

image

image

Bikin polanya dulu.

image

Lapisi dengan kertas warna item.

image

Beres! πŸ™‚

Ramadhan kareem, everyone!

Sadaqah Jar

Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah 2:261).

Alhamdulillaah Ramadhan is almost here! We have tons of Ramadhan ideas to keep our muslim children busy with engaging activities! Making a sadaqah jar is one of them!

image

image

Jangan lupa beri lubang untuk tempat masuk koinnya ya.
Udah gitu aja, kok! πŸ™‚

Ayo, ajarkan anak2 untuk berbagi!

Coming up

image

Let’s have our palms wide open to receive the great gift of joy and sweet blessing from our dear Allaah!

Another newborn is going to make its presence in our life so soon (insyaAllaah)! Get ready for laughters, big noise, and loads of hugs!

Bismillaah….
H-6

Magnet Galau

Dari pagi-sore tadi cuacanya galau, bentar-bentar ujan gerimis, bentar-bentar terik. Gege juga gitu, keliatan galau, keliatan ngantuk, tapi gak bisa tidur (mikirin apa sih G? hehe). Hm, enaknya ngapain dong? Bikin eksperimen ‘magnet galau’, yuk!
Begitu mendengar kata ‘magnet’, GG langsung nyamber, ‘yuk, yuk, yuuuuuukz!’ (Secara magnet ini salah satu maenan favorit).

image

Cukup bikin rangka piramid dari tusuk sate, gantungkan magnet (pake tali) di ujung atas piramid. Kalo ada magnet donat lebih gampang ngiketnya, kalo gk ada gpp, diakalin sendiri aja (dieksperimen ini GG pake magnet bulat). Lalu letakkan magnet lain di tiga sisi bawah piramid. Maka kita akan lihat bagaimana magnet yang digantung menari-nari, berputar kebingungan di antara ketiga medan magnet, seolah mau ngomong,’aku harus milih siapa?’ :d

image

image

image

Yang lain? Bisa juga pegang magnet lainnya, goyang-goyangkan di sekitar magnet yg digantung (jangan terlalu dekat), amati apa yang terjadi. Atau dekatkan benda yang memiliki unsur besi, amati juga reaksinya….

”Terlalu dini mungkin untuk mengenalkan konsep medan, kutub, gaya magnet, etc, pada anak prasekolah… Tapi paling tidak, dia akan merekam kuat bahwa ada kekuatan yang tak nampak yang ditimbulkan oleh dua magnet yang didekatkan, atau antara magnet dan gunting, penggaris besi, paku, etc…”

Who is the Super Power behind all these? say Allaah! πŸ™‚

Ocean in the Bottle

Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.”(QS Ar-Rahman:19-20).

Yuk, bikin demonstrasi sederhana tentang prinsip kerja ‘pertemuan dua samudera yang Tidak Pernah Bersatu’, seakan ada membran yang memisahkan keduanya! Subhanallaah!

image

Memanfaatkan sisa tinta printer warna biru, dilarutkan dengan air (1/2 bagian botol) dan ditambahkan minyak sayur (1/2 bagian lainnya). Jungkir balik-kan botol, atau kocok-kocok, and watch what happens! Gerakan dari dua cairan berbeda dalam botol memberikan ilusi gelombang air laut!

Lalu mengapa dua samudera yang bertemu pun tak bisa saling menyatu? Hal ini dikarenakan perbedaan suhu, kadar garam, dan kerapatan air (densitas) yang tidak sama antara keduanya. Untuk membuktikannya, kita perlu dua cairan berbeda yang memiliki densitas yang berbeda, seperti air dan minyak yang tak akan pernah bersatu…

The Qur’an has mentioned it 14 centuries ago! Teach our generations about it!

Not A Rubber Egg

Rencananya sih mau bereksperimen bikin ‘telur karet’ atau ‘rubber egg’ atau yg lebih ekstrem, ‘naked egg’. Cukup dengan merendam telur mentah ke dalam air cuka. Tunggu sehari-dua hari sampai cangkang telur benar2 menghilang.

Awalnya udah seneng bakal berhasil eksperimennya, tapi ternyata gagal, hehe. Si telur ayam yang sudah kami rendam pake air cuka memang terlihat ngelontokin cangkangnya. Ummi dan Gege tiap pagi dan sore lihat reaksi yang terjadi, berupa gelembung2 kecil di seluruh permukaan telur selama perendaman. Tapi e ternyata, setelah telur diangkat, gak ada reaksi ‘karet’ atau ‘kenyal’nya sama sekali. Cagkangnya sudah kembali mengeras. Hehe. Ternyata proses perendaman yang kami lakukan terlalu lama, sampai 3 hari baru diangkat telurnya.

Pada saat itu yang kepikiran, daripada air cukanya mubazir, maka kita bikin simulasi lava gunung deh, tinggal tetesin pewarna makanan plus baking soda, pasti langsung ada reaksi eksplosi. Etapi lagi2 gak terjadi apa2 tuh.

Jadi mikir deh, jadi saling angkat bahu ama Gege, hehe. Analisanya bagaimana?

O o, baru nyadar, kan kemungkinan besar pH air cuka yang asam sudah berubah netral karena reaksi yang terjadi dengan si cangkang telur yqng mengandung kalsium bikarbonat (basa), apalagi karena proses reaksinya dibiarkan lama, makanya saat diberi baking soda pun (basa), sama sekali tak memberikan reaksi (efek gelembung).

Ya, ya, ya.
Akan kita coba lagi ya, Nak. Mungkin lain waktu ya, kita sedang kehabisan telur dan cuka, nih πŸ™‚

Cheers and Keeps trying!

DIY Lava Lamp

Eksperimen yang bikin bocah bilang ,’lagiiiii, lagiiiii Miiii’ πŸ˜€

Ternyata bikin ‘lava lamp’ alias ‘lampu lava’ itu bisa pake bahan-bahan sederhana kayak: air, minyak, pewarna makanan, dan yang paling penting tablet yang bisa mendesis (e.g. tablet alka seltzer). Karena gk nemu alka seltzer di sini, pake CDR jadilah…

image

– masukkan air ke dalam botol plastik hingga 1/3 bagian. Lalu tambahkan minyak sayur sampai botol hampir penuh

– masukkan beberapa tetes pewarna (bagusnya sih warna merah,mirip lava) biarkan hingga pewarna turun ke dasar dan larut dlm air.

– masukkan tablet CDR nya
– tutup botol rapat-rapat

watch what happens!

image

image

Gelembung warna-warni yang naik turun karena reaksi dengan tablet membuatnya terlihat artistik. Tablet alka seltzer yang mengandung citric acid dan sodium bicarbonate akan mengeluarkan gas karbondioksida dan membawa larutan air warna ke permukaan. Saat berada di permukaan gas CO2 habis sehingga larutan warna kembali ke bawah. Begitu seterusnya berulang-ulang, mirip prinsip kerja lampu lava. O__o

So try this at home, ya! πŸ™‚